Hal-hal yang Harus Dihindari Saat Beli Mobil Bekas

Semakin lama harga sebuah kendaraan memang jadi semakin mahal, salah satu alasan yang membuat banyak orang tidak bisa membelinya secara tunai, sehingga memutuskan untuk kredit saja. padahal sebenarnya pembelian secara kredit hanya akan membuat Anda membayar biaya lebih mahal dibandingkan dengan harga aslinya, meskipun secara psikologis dirasa lebih ringan. Sebenarnya ada alternatif lain yang tidak akan terlalu memberatkan Anda jika ingin membeli kendaraan, diantaranya adalah dengan beli mobil bekas.

Seperti yang diketahui bahwa pada dasarnya harga kendaraan ini cenderung mengalami depresiasi harga, kendaraan bukan sebuah instrumen investasi. Sehingga bukan hal yang mengherankan jika dari waktu ke waktu harganya juga cenderung mengalami penurunan bukan. Biasanya ketika dijual kembali nilainya sudah turun relatif lebih besar dari sebelumnya, apalagi semakin lama tahun produksinya maka harganya akan turun lebih banyak juga. Ini bisa jadi pertimbangan bagi Anda jika ingin membeli kendaraan dengan harga yang murah.

Hanya saja mungkin banyak diantara Anda yang takut jika seandainya beli mobil bekas performanya tidak bagus, takut akan resiko penipuan dan lain sebagainya yang nantinya justru akan merugikan. Guna menghindari hal-hal tersebut, maka berikut ini diantaranya ada beberapa hal patut dihindari ketika membeli mobil bekas, yaitu:

  1. Tidak menanyakan riwayat atau sejarah mobil, pada dasarnya setiap kendaraan pasti memiliki sejarah pemakaiannya, dimana ada yang memang digunakan secara normal dan belum pernah mengalami kecelakaan sama sekali. Namun juga ada kendaraan bekas kecelakaan berat kemudian diperbaiki lagi, tentunya kendaraan dengan sejarah seperti itu berpotensi mengalami masalah dikemudian hari bukan, karena performa mesinnya juga sudah turun. Jadi agar tidak menyesal maka harus ditanyakan dulu.
  2. Tidak mengerti tentang mesin, ingat bahwa mobil ini adalah sebuah mesin yang dapat bergerak, jika Anda sama sekali tidak mengerti tentang mesin ditakutkan nantinya akan tertipu ketika membeli. Untuk itu bawa teman yang mengerti tentang mesin atau ajak seorang teknisi mesin untuk melakukan pemeriksaan sebelum membelinya.
  3. Tidak memeriksa catatan service kendaraan, kendaraan yang bagus pada dasarnya selalu di service secara rutin, mereka juga melakukan service langsung ke bengkel resminya. Sehingga Anda juga harus paham mengenai hal ini. Lihat apakah sebelumnya kendaraan sudah di service rutin ataukah tidak. Ini berhubungan dengan performa mesin.
  4. Tidak melakukan test drive, tidak melakukan test drive ini bisa jadi kesalahan yang paling fatal dilakukan, karena Anda juga tidak akan bisa menilai seberapa bagus performa dari kendaraan tersebut. meskipun pembelian dilakukan secara online, namun ada baiknya untuk membuat janji bertemu dengan pemilik guna melakukan test drive pada kendaraan tersebut.
  5. Tidak mengecek kelengkapan surat-surat kendaraan, tentunya Anda sendiri sudah tahu bukan jika belakangan ini ada cukup banyak oknum nakal yang menjual kendaraan hasil curian, hal ini tentunya sangat riskan dan merugikan bukan. Guna menghindarinya maka salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memeriksanya kelengkapan dokumen penyertanya. Pastikan bahwa kendaraan tersebut asli punya pemiliknya, agar Anda juga terhindar dari masalah hukum nantinya.

Jadi jangan sampai melakukan kesalahan di atas saat beli mobil bekas agar nantinya tidak menyesal. Pastikan juga jangan mudah tergiur dengan tawaran harga murah, karena belum tentu murah juga menjamin keuntungan bagi Anda. Beli mobil murah tentu saja boleh, namun jangan murahan. Saat ini membeli mobil bekas semakin mudah bisa lewat Moladin di https://moladin.com/beli-mobil-bekas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *