Tips Sewa Kontrakan Dengan Budget Terbatas

Setiap orang tentu punya alasan berbeda-beda mengapa memilih untuk sewa kontrakan. Ada yang karena masih menabung untuk bisa punya rumah, ada juga pasutri yang baru saja menikah sehingga pembangunan rumahnya masih lama di rampungkan. Ada pula yang memang ingin mengontrak karena hidup di perantauan dan ingin punya rumah yang lega. Apalagi jika Anda tinggal di ibukota, kontrakan bulan biasanya jadi pilihan yang tepat. Salah satunya dengan memilih kontrakan bulanan Jakarta pusat yang bisa anda temukan dengan mudah di beberapa titik.

Memilih kontrakan dibandingkan pertemuan tentu saja, hal ini didasarkan pada budget yang dimiliki. Bagi yang punya budget pas-pasan berikut beberapa tips menyewa kontrakan tanpa mengalami kerugian.

1. Tentukan Budget Mengontrak

Yang pertama harus diterapkan adalah Anda harus menentukan terlebih dahulu biaya untuk mengontrak agar menghindari resiko pengeluaran tidak terarah. Ketika mengontrak rumah, bisa saja Anda harus mengeluarkan banyak biaya tambahan seperti misalnya pembayaran listrik atau token, pembayaran air, uang kebersihan dan masih banyak lagi.

Namun jika ingin tidak terlalu pusing, sebaiknya pilih kontrakan yang memang sudah termasuk biaya perawatan dalam satu pembayaran biaya kontrakan. Dengan begini maka Anda tidak perlu pusing lagi setiap bulannya memikirkan biaya yang harus dikeluarkan untuk utilities.

Jika sudah memastikan budget yang harus dikeluarkan saat ingin mengontrak, Anda akan lebih mudah dalam pengelolaan uang yang pas-pasan. Apalagi jika Anda terbiasa untuk membuat anggaran biaya secara rinci.

2. Tentukan Lokasi

Menentukan lokasi saat ingin mengontrak rumah juga sangat penting. Biasanya lokasi kontrakan mempengaruhi jumlah biaya yang harus dibayarkan saat menyewa, baik bulanan maupun tahunan. Jika ingin menyewa dengan budget yang tipis maka anda tentu tidak boleh berharap banyak bisa sewa rumah di pusat kota.

Anda juga harus menyesuaikan dengan kemampuan yaitu memilih rumah yang tipenya sederhana saja. Dan jangan paksakan untuk memilih rumah untuk akses yang mudah baik motor maupun mobil. Yang terpenting rumah masih bisa diakses dengan kendaraan roda dua saja itu sudah sangat cukup.

Ada baiknya membeli rumah di daerah pinggiran kota, yang penting fasilitasnya lengkap dan dekat dengan sarana publik. Jadi pertimbangan terlebih dahulu lokasi rumah agar biaya sewa bisa lebih ditekan.

3. Pilih Tempat Yang Aman

Meski memilih kontrakan dengan budget yang tipis, tapi bukan berarti Anda tidak boleh mempertimbangkan dari sisi keamanan. Karena di manapun tempatnya tinggal di kontrakan murah atau mahal, jika tidak aman maka Anda tentu tidak akan merasa nyaman dan betah tinggal di tempat tersebut.

Setidaknya lihat bagaimana lingkungan sekitar dari kontrakan dan perhatikan juga bagaimana para tetangga. Anda juga bisa menanyakan ke tetangga sekitar bagaimana keadaan lingkungan tersebut pada siang dan malam hari. Dengan begini, Anda tidak perlu cemas dan bisa berharap untuk betah tinggal di tempat tersebut.

4. Pilih Sewa Bulanan

Setiap orang memilih sewa bulanan tentu saja bukan tanpa alasan. Ketika menyewa rumah untuk kategori bulanan, Anda lebih bisa mengatur waktu sesuai dengan kebutuhan dan juga biaya. Apalagi bagi Anda yang memang tidak punya pekerjaan tetap sehingga lokasi pekerjaannya bisa berpindah-pindah.

Dan tentu saja sewa bulanan jadi alternatif untuk yang tidak ingin mengeluarkan biaya besar, jadi gaji bulanan Anda bisa dialokasikan untuk budget lain seperti menabung atau investasi. Sewa kontrakan bulan biasanya bisa dibayar per bulan, per 3 bulan ataupun per 6 bulan tergantung dari aturan masing-masing kontrakan.

5. Lakukan Negosiasi

Untuk meminimalisir budget yang akan keluar, maka Anda juga harus pintar melakukan negosiasi si dengan pemilik kontrakan. Negosiasi di sini dilakukan agar Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah dari harga sewa kontrakan yang ditawarkan.

Misalnya Anda menemukan sebuah rumah yang akan di kontrakan, apakah bisa langsung cari tahu informasi tentang pemilik rumah. Kemudian Anda harus menemukan bagaimana caranya meyakinkan pemilih kontrakan bahwa Anda adalah orang yang serius ingin mengontrak dan akan menjaga rumah tersebut sebaik mungkin.

Kini tentu Anda sudah tahu apa saja yang harus dilakukan ketika punya budget pas-pasan tapi tetap harus mengontrak. Bagi yang ingin mengontrak rumah dan masih bingung memilih kontrakan, maka Anda jangan ragu untuk memanfaatkan situs Rumah.com.

Rumah.com adalah situs properti terkemuka di Indonesia yang tidak hanya akan membantu anda untuk jual beli rumah atau properti. Situs ini ternyata juga menawarkan berbagai pilihan kontrakan dengan berbagai tipe rumah dan ada juga apartemen yang bisa di sewa. Untuk penawaran harga kontrakan atau apartemennya tentu saja bervariasi tergantung dari tipe rumah atau apartemen yang dipilih. Informasi lebih lengkap bisa langsung mengunjungi situs resmi rumah.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *