Inspirasi Rumah Semi Basement Yang Multifungsi

Rumah semi basement kerap dianggap hanya sebagai tambahan untuk garasi. Sebenarnya ada banyak fungsi lain yang bisa diterapkan pada basement. Tiap bagian rumah hendaknya dimanfaatkan seoptimal mungkin. Anda bisa memakai beton instan untuk penerapan basement yang kokoh dan cepat. 

Rekomendasi Pemanfaatan Rumah Semi Basement 

Area basement yang berada dekat dengan tanah cenderung lembab dan dingin. Karena tidak ada cahaya matahari masuk, kesan suram juga sering di dapatkan. Oleh karena itu, gunakan area paling bawah dari rumah dengan seksama agar tidak terlalu gelap. Berikut adalah beberapa pilihan memakai desain rumah semi basement untuk berbagai fungsi. 

1. Kolam Renang Bawah Tanah 

Tambahan ruang santai pada area basement dapat difungsikan menjadi kolam renang di rumah. Apalagi bila rumah berada pada tanah tidak rata. Anda masih memiliki akses ke sirkulasi udara dan sinar matahari. Anda bisa membuat rumah dengan semi basement menyerupai setting kolam renang indoor yang tidak terpengaruh dengan cuaca di luar rumah. 

2. Ruangan Kedap Suara

Posis dekat tanah tentu sudah ideal untuk membuat ruang tambahan yang kedap suara. Anda bisa pakai untuk ruang kerja, studio musik, atau ruang keluarga. Tambahkan dengan material beton instan di sekeliling dinding agar suara tidak bisa terdengar sampai keluar. 

Basement identik dengan kesan gelap dan lembab. Anda bisa mengakalinya dengan menerapkan nuansa putih yang terang dan memberikan kesan ruangan lebih luas. Dengan demikian. Keluarga akan merasa betah berada di dalamnya. 

3. Rumah Semi Basement dengan Pintu Geser

Masih dengan desain rumah minimalis semi basement, kali ini kita diperlihatkan dengan ruangan rahasia yang tersembunyi di balik pintu geser kayu. Lewat desain ini, sang arsitek berhasil menciptakan ruang yang cukup misterius di ruang bawah tanah dengan melapisi dinding di sekitarnya dengan beton halus.

4. Ruangan Laundry Kayu

Anda bisa menyulap ruang bawah tanah jadi ruang cuci yang tenang. Seperti yang terlihat, pemilik rumah memakai ubin gelap dengan warna kayu untuk memberikan kesan hangat. Paduan warna putih dan kayu memberikan kesan nyaman untuk aktivitas laundry yang kadang bising dan juga membosankan. Desain rumah garasi semi basement dapat memanfaatkan tiap inci ruangan yang ada. 

5. Rumah Semi Basement ala Spa

Ruang bawah tanah cocok untuk bersantai. Biasanya ruangan bawah tanah memiliki hawa dingin, Anda bisa membuatnya hangat dengan menerapkan sauna dalam rumah. Sebagai tambahan kenyamanan, bisa membuat tempat duduk kayu, penerangan dan juga kaca bila ingin menghindari kesan ruangan sauna yang terlalu kecil. Dengan pemanfaatan ruangan semi basement seperti ini, tentu Anda akan betah ada di rumah. 

6. Perpustakaan Nuansa Industrial

Memanfaatkan basement untuk jadi perpustakaan adalah pilihan cerdas. Anda bisa dengan nyaman membaca buku atau bersantai. Terapkan dinding dengan aksen unfinish dengan batu bata merah exposes. Gunakan juga meja, kursi dan lemari kayu untuk menambahkan kesan Industrial yang  modern tapi nyaman. 

Desain rumah semi basement dapat dibuat nyaman dengan pengaturan yang efektif. Anda bisa menambahkan pencahayaan, sirkulasi udara, dan cara lainnya agar ruang bawah tanah bisa membuat siapapun betah berlama-lama disana. 

Pakai material beton instan, semen, dan material lainnya untuk membuat basement yang hangat dan juga kokoh. Kunjungi situs resmi semen SCG untuk melihat berbagai pilihan bahan bangunan berkualitas lainnya untuk membangun rumah ideal Anda. 

Sumber 

https://www.rumah123.com/panduan-properti/tips-properti-110177-rumah-semi-basement-id.html

https://berita.99.co/desain-semi-basement-di-rumah-amani/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *