15 Rekomendasi Peluang Usaha Yang Dapat Menguntungkan Di Desa

Menjadi wirausahawan tentunya dapat dilakukan dimana saja, salah satunya di daerah pedesaan. Banyak potensi bisnis yang dapat dikembangkan di daerah ini. Tentunya Anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis dan potensi usaha yang menguntungkan di desa itu seperti apa.

Jenis usaha yang dapat dilakukan di desa tentunya berbeda dengan di kota. Di desa, masyarakatnya masih belum terlalu memanfaatkan teknologi untuk menjalankan bisnisnya, tidak seperti di kota. Anda perlu melihat potensi dari sebuah desa yang tentunya menjanjikan dan dapat dikembangkan ke depannya.

Dengan berkembangnya teknologi, membuka peluang bagi Anda untuk menerapkannya di daerah pedesaan. Banyak sektor yang dapat kita olah dengan memanfaatkan teknologi tersebut. Hal ini tentunya bisa  meningkatkan keuntungan pada usaha Anda, bila bisa mengatur dan memanfaatkannya dengan baik.

Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui bentuk usaha yang menguntungkan untuk dilakukan di desa itu yang seperti apa.  Berikut beberapa rekomendasi peluang usaha di desa yang menguntungkan dan dapat Anda terapkan dengan cepat.

1. Makanan Khas Setempat

Usaha yang menguntungkan di desa pertama adalah ushaa makanan khas setempat. Saat berkunjung ke sebuah daerah kurang lengkap rasanya apabila belum mencicipi makanan khas daerah tersebut. Bisnis ini sangat menguntungkan bila desa tersebut merupakan desa wisata yang sering dikunjungi wisatawan. Karena itu, sayang untuk melewatkan salah satu jualan paling laku di desa ini.

2. Kerajinan Tangan

Menyinggung poin nomor satu tadi, tentunya wisatawan juga membeli kerajinan-kerajinan tangan setempat sebagai oleh-oleh atau digunakan sendiri. Bahkan, kerajinan tangan tersebut juga bisa merambah pasar nasional ataupun internasional jika dikelola dengan baik. Dengan begitu, bisnis kerajinan tangan bisa dipadukan dengan usaha lain.

3. Bisnis Warung/Rumah Makan

Usaha yang satu ini sangat bagus sekali dijadikan sebuah penghasilan. Kebutuhan orang-orang terhadap makanan sehari-harinya membuat Anda dapat mencoba usaha rumah makan tersebut. Anda tinggal menyesuaikan jenis dan pola konsumsi masyarakat setempat sebagai pertimbangan makanan seperti apa yang akan dijual nantinya.

4. Usaha Catering

Permintaan orang terhadap makanan dalam jumlah besar seperti pada saat acara atau hal lainnya sangatlah besar. Di desa, sedikit sekali dapat kita jumpai usaha-usaha seperti catering. Padahal prospek usaha catering cukup menguntungkan di desa apabila Anda mampu memasarkannya dengan baik.

5. Francjide Makanan Ringan

Usaha ini banyak sekali kita temui di kota. Namun, di desa sangat jarang sekali yang melakoni bisnis franchise makanan ringan ini. Hal itu tentunya membuka peluang bagi Anda karena minimnya pesaing. Anda dapat menjajakan makanan-makanan ringan seperti pisang coklat, martabak, tempura, dan lain-lain.

6. Toko Pakaian

Pakaian menjadi kebutuhan pokok setiap orang. Biasanya orang-orang harus ke daerah perkotaan terlebih dahulu bila ingin membeli pakaian baru. Anda dapat memanfaatkan jarak yang jauh antara kota dengan desa untuk membuka toko pakaian. Sehingga orang tidak perlu jauh-jauh ke kota untuk membeli pakaian.

7. Usaha Menjahit

Di pedesaan ataupun perkotaan, banyak orang memerlukan pakaian yang khusus digunakan untuk acara-acara tertentu. Dengan adanya tempat menjahit di sebuah desa, tentunya memudahkan masyarakat sekitar untuk membuat pakaian yang mereka inginkan. Usaha menjahit ini memiliki prospek yang cerah di desa.

8. Toko Kelontong

Usaha ini cocok bagi ibu rumah tangga di desa. Toko kelontong biasanya menjual barang-barang keperluan sehari-hari seperti sembako dan lainnya, sehingga usaha ini dapat bertahan dalam waktu yang lama. Modal yang diperlukan biasanya cukup besar, jadi Anda harus dapat mengelola dananya sebaik mungkin.

9. Tempat Pangkas Rambut

Jika Anda memiliki keahlian memangkas rambut, keahlian tersebut dapat dijadikan usaha yang menguntungkan di desa. Setiap orang tentunya akan memotong rambutnya sewaktu-waktu. Sehingga pelanggan Anda nantinya tentu akan kembali lagi jika puas dengan pelayanan yang diberikan. Bisa Anda coba usaha pangkas rambut tersebut.

10. Usaha Perbaikan Elektronik

Peralatan elektronik tentunya akan rusak sewaktu-waktu. Di desa, masih jarang sekali ditemui orang-orang yang memiliki keahlian di bidang perbaikan elektronik. Jika Anda memiliki kemampuan tersebut, tentunya akan memudahkan mencari pelanggan karena pesaing usaha elektronik ini masih jarang ditemui di desa.

11. Tempat Bimbingan Belajar atau Les Private

Semakin pedulinya orang-orang di desa terhadap pendidikan membuat usaha ini dapat Anda coba. Biasanya anak-anak di desa hanya mendapat pembelajaran di sekolah saja, namun ada juga orang tua yang ingin anaknya mendapat pembelajaran lebih melalui bimbingan belajar atau les private.

12. Usaha Pom Bensin Mini

Kebutuhan orang-orang terhadap bahan bakar memang tidak ada habisnya ya. Di desa, cukup sulit untuk mendapat pasokan bahan bakar sehingga terkadang harus jauh-jauh ke kota dulu untuk membelinya. Anda dapat memanfaatkan hal tersebut untuk membuka pom bensin mini yang pastinya akan selalu laku.

13. Usaha Pulsa

Sekarang ini, masyarakat pedesaan banyak yang sudah memiliki HP sendiri untuk berkomunikasi dengan orang lain. Sehingga kebutuhan akan pulsa tentunya akan terus menerus dibutuhkan masyarakat ke depannya. Usaha pulsa ini dapat Anda mulai dengan modal yang relatif kecil.

14. Usaha Token Listrik

Saat ini daerah pedesaan sudah banyak yang mengganti sistem pembayaran listrik yang sebelumnya harus membayar di tempat PLN langsung dengan token listrik. Sistem ini menggunakan pulsa sebagai pembayaran listriknya, sehingga tempat penjualan pulsa token listrik akan selalu dicari oleh orang-orang.

15. Bisnis Perabot Rumah Tangga

Adanya toko yang menyediakan perabotan rumah tangga tentunya memudahkan masyarakat pedesaan saat mencari barang-barang rumah tangga. Karena mereka tidak perlu jauh-jauh ke luar desa untuk membelinya. Peluang usaha ini dapat Anda coba karena perabotan rumah tangga akan terus dibutuhkan.

Pinjam Modal untuk Usaha di Amartha

Amartha adalah salah satu perusahaan fintech atau teknologi finansial P2P di Indonesia. Perusahaan ini menyediakan situs web yang menghubungkan pendana urban dengan pengusaha mikro dan kecil di pedesaan. Lewat perusahaan ini, pelaku usaha mikro yang membutuhkan modal kerja untuk tumbuh akan terhubung dengan pendana yang mencari alternatif pendanaan yang lebih menguntungkan dibanding instrumen pendanaan konvensional.

Berminat mengajukan pinjaman di Amartha? Nah, mungkin ada baiknya sebelum melakukannya, kita ketahui dahulu beberapa hal penting ini.

  • Mitra usaha Amartha adalah pemilik usaha mikro dan kecil di pelosok pedesaan.
  • Dalam memberikan pendanaan, Amartha tidak meminta agunan melainkan menekankan kepada pembentukan kelompok. Jumlah modal yang dapat diajukan ke Amartha, mulai dari Rp500 ribu.
  • Selain memanfaatkan pembiayaan kelompok, Amartha juga menerapkan sistem yang dikenal dengan tanggung renteng sehingga ketika seorang anggota dari mitra usaha gagal membayar dana pinjaman, anggota yang lain bisa ikut patungan.
  • Untuk mencari Mitra Borrower, Amartha melakukan seleksi dan edukasi yang terstruktur sebelum memberikan modal.
  • Pendana di Amartha melakukan pendaftaran yang sepenuhnya dilakukan secara online. Dimulai dengan melakukan registrasi dan melengkapi data pribadi, lalu melakukan transfer dana sebesar Rp3 juta. Investor bisa memilih sendiri usaha mikro yang ingin ia danai berdasarkan informasi yang disediakan pada situs Amartha, yakni jenis usaha, jumlah pinjaman, tenor, serta bagi hasil.
  • Amartha mengembangkan proprietary technology yang akan membangun alat bantu analitis untuk memastikan investor memiliki informasi yang lengkap dalam membuat keputusan dan menilai portofolio.

Nah, sekarang ini dia sistem yang diterapkan perusahaan P2P ini dalam memberikan pendanaan. Demikian beberapa peluang usaha yang menguntungkan di desa. Semoga dapat Anda jadikan referensi ketika ingin memulai sebuah usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *